Ageboy Blog: http://ageboy.blogspot.com/2012/04/cara-agar-blog-tidak-bisa-di-copy-paste.html#ixzz1sHlFdu7j frans blog: Sistem Keamanan Komputer

Minggu, 02 Agustus 2009

Sistem Keamanan Komputer

Apa itu "Sistem Keamanan Komputer"..?
Yaitu suatu sistem yang kita gunakan untuk mengamankan komputer kita dari serangan pihak luar, baik berupa serangan virus, spyware, rootkit dll.

Apa saja yang diperlukan agar komputer saya aman...?
Untuk memperkuat keamanan komputer anda, minimal anda memiliki anti virus. Ya itu memang kata anti virus yang sering anda dengar.

Anti virus ini wajib dimiliki karena sebagian besar ancaman bagi komputer kita berasal dari virus. Tidak masalah anti virus apa yang anda gunakan, yang terpenting adalah selalu terupdate. Dan jangan lupa, anti virus yang baik memiliki fasilitas real time protection. Artinya tiap saat anti virus ini selalu melindungi kita, tidak menunggu perintah dari kita untuk scan HDD misalnya. Dan jika anda menggunakan e-mail client seperti outlook atau eudora, sebaiknya anti virus anda bisa berinteraksi dengan e-mail client tersebut. Dan menurut pengalaman saya, AVG free dapat diandalkan. AVG free memiliki semua kriteria yang disebutkan di atas. Dan yang penting lagi, GRATIS bro....

Selanjutnya anda perlu memiliki anti spyware. Karena memang sifat spyware dan virus ini berbeda, sehingga anti virus tidak bisa menangani spyware dengan baik. Seperti halnya anti virus, anti spyware juga haruslah terupdate tiap saat dan memiliki fasilitas real time protection. Apapun anti spyware yang anda pakai, sebaiknya memiliki fasilitas di atas. Namun saya sendiri sekarang menggunakan Comodo BOClean.

Senjata terakhir yang perlu anda miliki adalah firewall. Firewall ini melindungi dari tangan- tangan jahil di network anda. Jadi jika komputer anda hanya single alone, dipakai di rumah, maka firewall bisa diabaikan. Untuk firewall, anda bisa memakai bawaan windows, atau jika anda ingin yang lebih fleksible dan aman, anda bisa menggunakan firewall lain. Untuk saya pribadi, saya menggunakan Comodo firewall.

Sudahkah komputer saya aman....?
Tidak ada satu tempatpun di bumi ini yang benar-benar aman. Namun jika anda telah memiliki anti virus, anti spyware dan firewall, maka anda telah "lebih" aman dan bisa tidur dengan tenang.

1 komentar:

  1. :) wahh..makasih infonya..saya juga mulai berfikir bahwa hanya antivirus saja tidak cukup untuk perlindungan maksimal....punya pengalaman buruk sama virus si..hehe

    BalasHapus