Ageboy Blog: http://ageboy.blogspot.com/2012/04/cara-agar-blog-tidak-bisa-di-copy-paste.html#ixzz1sHlFdu7j frans blog: pengamanan jaringan

Rabu, 29 Juli 2009

pengamanan jaringan

Teknik pengamanan jaringan terus berkembang, namun teknik hacking juga tidak kalah cepatnya. Sebuah teknik enkripsi baru yang diperkenalkan adalah Quantum encription. Sebelum melangkah lebih jauh, definisi enkripsi bisa anda baca disini.
quantum encription
Teknik kriptografi Quatum ini menggunakan hukum Ketidakpastian Heisenberg. Ide dasarnya adalah menggunakan sebuah perhitungan matematika yang sangat rumit dan tidak mungkin dipecahkan oleh orang asing, karena keterbatasan sumberdaya maupun waktu proses. Ketika ada orang asing yang berusaha masuk ke jaringa, maka ia pasti akan merusak sesuatu yang ada di dalam jaringan tersebut. Ya.. mirip produk China lah,, kalo mau udah dibuka gak bisa dibalikin lagi :D

Teknik kriptografi ini cocok untuk jaringan dengan serat optik. Ketika orang asing ini mencoba membobol jaringan, foton yang ada pada jaringan akan teracak dan menyebabkan jaringan terputus. Jaringan akan membentuk jalan baru ketika jaringan semula terganggu, sehingga penerima dan pengirim pesan dapat kembali berkumunikasi dengan aman.

Katanya, jaringan ini “tidak bisa ditembus”. Tapi penelitian terus dilakukan untuk mencari cara mengamankan informasi yang sifatnya sensitif. Tapi saya juga sangat yakin, para hacker, craker dan kawan2 akan juga “melakukan penelitian” sama kerasnya untuk mencari celahnya. Siapa yang akan menang?? Memang mencari pemenangnya sama sulitnya dengan memelihara sapi.

0 komentar:

Posting Komentar